Jumat, 12 September 2008

Buka Puasa Bersama

Deltu Club Jakarta Buka Bersama di RM Mas Miskun, Matraman Raya

Selasa sore, 9 September 2008 saya kebetulan pulang kerja agak gasik, jam 16.00 udah bisa keluar kantor. Nah, karena pulang gasik, sambil ngabuburit, tiba-tiba pengen jalan-jalan ke Gramedia Matraman, siapa tau dapat buku bagus. Meluncurlah diriku ke sana sendirian. Seperti biasa, saya betah baca2 buku agama di lantai 3.

Nah, di tengah keasyikan baca-baca buku bagus, tiba2 berkumandang adzan magrib, wah ternyata udah saatnya buka puasa. Sekedar membasahi kerongkongan, kubeli minuman teh kotak trus sekalian numpang sholat magrib di musholla Gramedia. Abis itu, buru-buru saya keluar nyari tempat makan. Pas muter balik di depan Gramedia, kuliat ada warung makan Mas Miskun, tanpa pikir panjang kuputuskan buka puasa di tempat itu.

Slogan RM ini menarik, Nasi Uduk Ayam Goreng Mas Miskun, Rasa Restoran Harga Kaki Lima, rame banget, berjubel orang buka puasa semua. Saat mau masuk saja saya ditolak, meja penuh kata salah satu pramusajinya. Jadi makin penasaran deh. Rumus kuliner khan kalo warung rame berarti ada yang menarik/enak di situ. Kubilang ma dia, masa cuma buat seorang saja nggak bisa mas. Akhirnya saya ngusel ke salah seorang pengunjung yang keliatannya udah mau selesai. Trus pesan menu... bla...bla....bla....

Sambil nunggu pesanan datang, saya sms-an ma Tina ngomongin donasi Reuni. Tina ngabari kalo hari Rabu tgl 10 September 2008 Panitia Reuni mau rapat. Tiba-tiba aja muncul ide, sambil berbuka puasa, gimana kalo Deltu Jakarta ngadakan acara buka bersama, di samping untuk mempererat silaturahmi, juga memberikan support ke panitia Reuni, katakanlah Purwokerto Rapat, Jakarta juga ada pertemuan.

Iseng kucoba telepon Iwan & Asep, gayung bersambut. Tempatnya langsung ditentukan, di RM Mas Miskun ini saja. Sepakat saya, Asep, Iwan menghubungi teman-teman. Satu persatu menyampaikan konfirmasi dirinya bisa datang, ada beberapa yang karena kesibukannya nggak bisa gabung, ada pula yang sibuk, nggak sempat membalas sms kami. Kami maklum, semuanya mendadak, karena idenya memang spontan saja.

Esok harinya, tiba-tiba muncul alumni baru di milis, Ellie Sacharina Dewi, wah surprise juga nih. Jadi makin nggak sabar nunggu sore. Hardiyanto, sore harinya mendadak ada tamu dari Jepang yang harus ditemui di kantornya, padahal sudah konfirmasi datang malah mau ngajak keluarganya. Tapi tak apalah, itu kewajiban yang harus dilakukannya di kantor.

Tibalah waktunya pertemuan buka bersama itu, di mana saat saya sampai ke sana ternyata sudah datang Kun Ani Ratih, yang dengan inisiatifnya membantu mempersiapkan menu buka puasa, sipp deh. Secara Adjib Al Hakim malas banget baca menu, klop khan.

Berikutnya muncul Ellie Sacharina Dewi, yang sebelumnya kukira Drg Tjatur, abis pake jilbab berkacamata sih. Wah, ternyata nggak banyak berubah anak ini, yang membedakan cuma jilbabnya aja. Mulailah cerita-cerita khas reuni mengalir. Disusul kehadiran teman-teman yang lain, Iwansams, Makhsun, Wikan, Asep, Eko Priyatno, Pupung (Purnomo Nur Hadiyanto, ex SMP1 tapi SMA1) kebetulan sekarang jadi saudara iparku, yang memang sengaja saya undang.

Surprisenya belum selesai, ternyata tiba-tiba nongol Eko “Item” Wiyatno, luar biasa. Makhluk satu itu baru kali ini nongol di pertemuan Deltu, makin heboh deh. Mudah-mudahan ini berkah Ramadhan. Dewi mpe bolak balik bilang, sampe kenyang rasanya saking bahagianya bertemu dengan kawan-kawan lama.

Makhsun pun berinisiatif mengontak panitia Reuni di Purwokerto yang lagi rapat via laptopnya. Sayang koneksinya tidak terlalu bagus, tapi sempat beberapa kali chat dengan Kadar Yuniarto. Drg Tjatur yang sudah konfirmasi datang, karena profesinya tiba-tiba berhalangan, kedatangan pasien istimewa. Mas Yudi Irianto, suami Alfina Damayanti sakit gigi, hahaha... ada-ada saja. Jadilah mereka berdua, Tjatur dan Alfina malah mengadakan reuni sendiri bersama suami masing-masing di kediaman Drg Tjatur.

Bener-bener terasa deh keakraban kita malam itu. Melepas kangen dengan teman lama, berceloteh tanpa memikirkan pekerjaan, tanpa kepalsuan, tanpa melihat jabatan dan profesi. Bener-bener menyatu, bak ngobrol di Warung Pak Dikin seperti saat sekolah dulu....

Tidak ada komentar: