Rabu, 12 September 2007

Memasuki Ramadhan

Teman-teman,

Tak terasa kita bertemu lagi dengan bulan suci Ramadhan, bulan di mana Allah swt. sangat "mengobral" pahala dan "mendiskon" dosa-dosa kita. Betapa sayangnya Allah kepada kita semua. Allah ciptakan bulan di mana 10 hari pertamanya adalah syahrun mubarok - bulan penuh berkah, kemudian 10 hari kedua adalah syahrul maghfiroh - bulan penuh ampunan, dan 10 hari terakhirnya adalah itqun minannar - dibebaskan dari siksa neraka. Alangkah ruginya kita seandainya bulan suci ini kita lewatkan begitu saja.

Saya ingat semasa kecil, menjelang buka puasa atau abis sahur menjelang shubuh, saya suka sekali "pit-pitan" mengelilingi Tugu Monas-nya Purwokerto di Simpang Gatot Subroto & Jalan Merdeka, atau ke Masjid Baitussalam di Alun-Alun, atau jalan kaki ke Masjid Istiqomah di Kauman untuk mengikuti pengajian ba'da shubuh.

Apalagi mengenang kegiatan kita saat SMA di mana kita adakan kegiatan amaliah ramadhan, di Musholla At Tahrim, yang ternyata saat saya berkesempatan berkunjung ke sana tempo hari, kegiatan Pengajian Ahad Pagi masih tetap berlangsung. Mudah-mudahan kegiatan amaliah Ramadhan pun begitu pula.

Bagaimana dengan amaliah kita sekarang?

Masing-masing sekarang punya kesibukan, berjuang dengan pekerjaannya sendiri-sendiri. Tapi seandainya kita niatkan semua itu dengan ikhlas, Insya Allah kita tetap diberikan kemudahan untuk beribadah. Karena pada dasarnya bekerja itu juga beribadah, menghidupi keluargapun adalah jihad yang tak ternilai.

Teman-teman,

Selamat menjalankan ibadah di bulan suci Ramadhan, semoga kita selalu dalam lindungan-Nya. Mari kita lewatkan hari-hari di bulan suci ini dengan langkah yang bersih, tetap semangat, untuk selalu menggapai kebahagiaan yang kita dambakan. (Adjib Al Hakim).

Tidak ada komentar: